MICROSOFT POWER POINT
Microsoft
Power Point merupakan salah satu aplikasi milik Microsoft,
disamping Microsoft Word dan Microsoft Excel yang telah
banyak kenal. Ketiga aplikasi ini lazim disebut Microsoft Office.
Pada dasarnya, aplikasi Microsoft Power Point
berfungsi untuk membantu user dalam menyajikan presentasi. Aplikasi ini
menyediakan fasilitas Slide untuk dapat
menampung pokok-pokok pembicaraan point-point yang akan disampaikan
pada Audience.
Dengan
fasilitas, Animation, suatu slide dapat
dimodifikasi dengan menarik. Begitu juga dengan adanya fasilitas: Font
Picture, Sound dan Effect dapat dipakai
untuk membuat suatu slide yang lebih bagus. Bila keadaan ini dapat
disajikan, maka para pendengar dapat kita tarik perhatiannya
untuk menerima apa yang ingin kita sampaikan.
Setiap
lembar tayangan berisi materi disebut
Slide. Agar slide yang sedang dibangun dapat menarik, tujuan kita dalam
menyampaikan suatu topik dapat tercapai,
dan dapat dimengerti oleh audience dengan efektif, sebaiknya buat
terlebih dahulu point bahasan yang perlu dicantumkan
pada slide secara garis besar, dan diikuti sub point dari
masing-masing point yang ada dan lengkapi dengan gambar, karikatur
pada slide yang dimaksud. Berilah bullet, font,
dan color yang menyolok pada point yang paling utama agar menjadi pusat
perhatian.
Toolbar
merupakan salah satu bagian yang paling
penting dari Power Point. Fungsi utama Toolbar adalah mempercepat akses
kesejumlah perintah yang sering dipakai.
Untuk menggunakan Toolbar, klik salah satu icon yang mewakili perintah
yang Anda inginkan. Bila
icon tampak tertekan ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan. Untuk
menonaktifkannya, Anda tinggal menekan icon
tersebut sekali lagi.
Untuk
mengaktifkan masing-masing Toolbar, gunakan Menu View, Toolbar,
kemudian tandai nama Toolbar yang ingin ditampilkan,
sehingga muncul tanda cek didepan nama jenis toolbar.
PENGGUNAAN MENU
Pada
kondisi Default, Menu Bar Power Point terdiri dari sembilan kelompok
menu. Mulai dari File di ujung kiri sampai Help
di ujung kanan. Untuk mengakses perintah pada salah satu menu,
cukup klik nama perintah yang diinginkan. Pada layar akan muncul
kotak dialog yang berhubungan dengan perintah
tersebut
MEMULAI POWER POINT
Untuk memulai Power Point ada beberapa tahap yang harus dilakukan, yaitu:
1. Buka Start Menu, dan pilih Programs, Microsoft Power Point (Lihat gambar 3). Setelah itu akan muncul kotak dialog Power Point, yang mana nantinya akan diberikan 4 pilihan, dan kita dapat memilih salah satu options tersebut: Auto Content Wizard, Template, Blank Presentation, atau Open Existing Presentation.
2.
Setelah kita pilih salah satu, klik OK atau
tekan Enter. Selanjutnya, akan muncul layar New Slide dan tentukan
AutoLayout yang kita inginkan.
3. Pilih OK atau tekan Enter.
Setelah
kita melakukan kesemua hal di atas, kita
akan melihat layar Power Point dan mulailah untuk membuat Presentasi
yang kita inginkan.
Kotak Placeholder, untuk meletakkan aneka objek presentasi.
Kotak dialog, kotak yang muncul pada layar bila kita mengaktifkan salah satu menu.
Kita bisa mengatur berbagai pilihan yang tersedia di dalamnya.
Status Bar, pada bagian ini ditemukan dua indikator.
Dari kiri kekanan adalah indikator tampilan slide, dan indikator template.
Menu Bar, disebut juga dengan Pull Down Menu. Bila kita mengklik salah satu menu maka akan terbuka sekelompok menu lain yang berhubungan dengannya.
Scrool Box, yaitu vertikal sisi kanan layar dan horizontal di sisi bawah layar.
Toolbar, seperangkat icon yang berfungsi untuk menggantikan perintah-perintah yang terdapat pada menu Bar.
MENYIMPAN DAN MENUTUP POWERPOINT
Menyimpan Presentasi
Saat
pertama kali menyimpan presentasi, gunakan
menu File, Save As. Aplikasi akan menampilkan kotak dialog Save As.
Ketikkan nama file yang kita inginkan pada
bagian File Name.
Ketikkan
nama file yang kita inginkan pada bagian
File Name. Pilih atau ubah drive penyimpanan pada Menu Save in. Klik OK
untuk mengakhiri penyimpanan.Menutup Presentasi
Setelah selesai bekerja dengan sebuah presentasi dan menyimpannya, Kita tentu ingin menutup presentasi tersebut. Gunakan menu File, Close atau mengklik tombol bergambar pada sudut kanan atas jendela.
MEMBUKA PRESENTASI
Saat PowerPoint dijalankan, kotak dialog PowerPoint akan muncul pada layar. Ada empat pilihan pada kotak dialog ini, meliputi Template, Blank Presentation, AutoContent Wizard, dan Open Existing Presentation.
Tampilan
kotak dialog pada gambar 6 di atas
digantikan dengan penggunaan TaskPane pada versi PowerPoint yang lebih
tinggi.
Bila
kita ingin memakai file-file presentasi
yang sudah disediakan oleh PowerPoint, pilih Template. Bila ingin
membuat presentasi dari halaman "kosong"
tanpa warna atau style, pilih Blank Presentation. Sementara bila kita
membutuhkan panduan tahap demi tahap selama pembuatan,
pilihlah AutoContent Wizard.
Pilihan Autocontent Wizard
Bila
kita memilih ini, pada layar akan muncul
secara berurutan enam buah kotak dialog dengan berbagai pilihan dan
kotak isian di dalamnya, beserta langkah
sistematisnya. Selanjutnya tinggal memilih wizard yang sesuai dengan
kebutuhan presentasi yang sedang disiapkan
Pilihan Template
Bila
kita menggunakan ini untuk membuat
presentasi baru, kita tinggal mengklik ganda salah satu icon template
yang tersedia pada kotak dailog New
Presentation. Ada empat kelompok template, yaitu:
· General berisi presentasi kosong.· Presentation Design berisi lebih dari 20 design template profesional
· Presentations berisi template presentasi yang siap diatur dan memiliki tema khusus.· Web Pages berisi template presentasi untuk keperluan publikasi dalam Internet.
Untuk memilih Template, klik menu Format, Apply Design Template.
Pilihan Blank Presentation
Bila
kita memilih ini, pada kotak dialog
PowerPoint akan muncul kotak dialog New Slide. Kita bisa memilih salah
satu tata letak presentasi yang tersedia.
Tata
letak slide dapat diubah setiap saat, caranya
klik menu Format, Slide Layout atau dengan menekan tombol Slide
Layout pada status bar. Setelah slide dibuat, kita bisa menyisip
slide baru dengan mengklik menu Insert, New Slide
atau dengan mengklik tombol New Slide pada Toolbar standard.Pilihan Open An Existing Presentation
Selain membuat presentasi baru, kita juga bisa membuka file-file yang telah dibuat sebelumnya yang tersimpan pada Harddisk dan Disket. Pada layar akan muncul kotak dialog Open. Kita bisa mencari file presentasinya.
BEKERJA DENGAN TEKS
Mengetikkan Teks
Untuk
mengisikan teks kedalam slide, kita cukup
mengganti teks contoh (Clik to Add) yang berada pada kotak-kotak
placeholder. Pada saat kita mengklik kotak
placeholder, sebuah bingkai akan muncul mengelilinginya. Ini
menandakan kotak tersebut telah dipilih dan siap untuk diisi teks.
Pada saat yang sama teks contoh akan lenyap,
ketikkan teks yang akan ditampilkan pada kotak tersebut. Setelah teks
diketikkan, klik ruang kosong diluar bingkai
untuk kembali ketampilan semula. Atau bisa juga dengan mengklik tombol
Text Box pada Toolbar Drawing untuk menyisipkan kotak
teks. Mulailah mengetikkan teks yang kita inginkan.
Perataan Teks
Didalam slide PowerPoint, pengertian perataan teks adalah posisi teks pada kotak Placeholder. Rata pada pinggir kirikah, rata pinggir kanankah, dan seterusnya. Format semacam ini diperlukan untuk teks-teks tertentu misalnya judul document memakai teks yang berada diposisi tengah.
Untuk mengatur perataan teks ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
1. Pilih teks yang akan diatur perataannya, lalu klik menu Format, Alignment.
2. Pada menu yang tampil, klik salah satu pilihan. Left berarti rata kiri, Right berarti rata kanan, Centered berarti rata tengah, dan Justify berarti rata kedua sisi.
Pilih teks yang akan diubah format hurufnya, lalu klik menu Format, Font. Langkah selanjutnya, kita atur pilihan-pilihan yang disediakan kotak dialog Font.
Dapat juga kita mengatur format huruf dengan menggunakan tombol-tombol pada toolbar Formatting.
Jarak Baris dan Paragraf
Jarak
baris merupakan jarak antara suatu baris
teks diatas serta di bawahnya. Di sini kita bebas mengatur jarak baris
secara bebas. Jarak Paragraf merupakan jarak antara suatu paragraf dengan paragraf di bawah dan di atasnya.
Untuk
menentukan jarak baris dan paragraf dapat kita lakukan dengan memilih
teks atau paragraf yang akan diubah, kemudian
klik Format, Line Spacing. Klik
tanda panah pada kotak Line Spacing, Before
paragraf dan After paragraf. Atau bisa juga dengan mengetikkan
langsung pada kotak tersebut untuk mengubah jarak baris
/ paragraf keukuran yang diinginkan.
Bullet
Adalah
suatu peneomoran dengan menggunakan
bentuk-bentuk geometris seperti lingkaran, bujur sangkar, garis, panah,
dan lain-lain. Untuk memformat Bullet,
pilih teks yang akan diberi bullet, lalu klik menu Format, Bullet.
Kotak
dialog akan muncul dilayar. Pada kotak
Bullets From, pilih jenis huruf yang ingin dipakai sebagai bullet. Kita
juga bisa memilih warna dari kotak Color.
Dan untuk mengubah ukuran bullet, atur kotak Size.
Teks Efek KhususBeberapa bagian slide membutuhkan penanganan khusus. Agar lebih menarik perhatian, format huruf dekoratif bisa dipakai untuk menulis teks. PowerPoint menyediakan fasilitas WordArt untuk hal ini. Untuk mengaktifkannya, klik menu View, Toolbars, WordArt. Toolbar WordArt akan tampil dilayar.
Untuk menyisipkan teks, klik tombol Insert WordArt. Kotak dialog akan muncul dilayar. Pilih salah satu efek yang diinginkan, lalu klik OK.
MENYISIPKAN GAMBAR DAN FOTO
Membuat Gambar
Untuk
mulai menggambar, klik menu View, Slide dan
klik menu View, Toolbars, Drawing Toolbars. PowerPoint telah
menyediakan fasilitas pembuatan gambar,
caranya klik tombol AutoShapes pada Toolbar Drawing.
Ada
enam pilihan bangun, yaitu; Lines
(macam-macam garis), Basic Shapes (bangun sederhana), Block Arrows
(macam-macam panah), Flowchart (simbol-simbol
diagram alir), Stars and Banners (bintang dan banner), dan Callouts
(kotak keterangan gambar). Arahkan pointer kemasing-masing
pilihan untuk melihat isinya.
Mengatur Posisi Objek Pada Slide
Kita
bisa menggunakan fasilitas ini dengan
mengklik tombol Draw, Align or Distribute (Bila menu ini nonaktif, klik
pilihan Relative to Slide untuk
mengaktifkannya). Klik tombol yang sesuai dengan keinginan kita.
Menyisipkan Foto
Kita
dapat langsung menyisipkan foto kedalam slide,
caranya: tempatkan pointer mouse kebagian document yang ingin
disisipi, kemudian klik menu Insert, Picture, From File.Menyisipkan Media Audio Visual
Media
audio visiual seperti movie, sound, lagu,
animasi dan atau suara yang langsung bila hardware komputer yang
tersedia memungkinkan. Langkah penyisipan
melalui tandar toolbar Insert sebagai berikut
Selain
objek penyisipan tersebut di atas, masih terdapat banyak objek lain
yang dapat disisipkan dalam slide PowerPoint
seperti terlihat pada pilihan menu Insert gambar 21. Objek lain yang
dapat disisipkan diantaranya adalah,
Organisation Chart, Tabel, Diagram, Chart dan sebagainya.
Sisipan
dokumen lain dapat dilakukan pula dari Ms Word dan atau Ms Exel melalui
menu Insert, Object dan klik pilihan objek
sumber lain yang diinginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar